Jadwal Seleksi Mahasiswa Baru Sekolah Vokasi UGM 2014

Seleksi mahasiswa baru program Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (SV-UGM) merupakan seleksi masuk bagi calon mahasiswa baru UGM yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang vokasi atau Diploma. Tentunya dari anda sudah banyak yang tahu mengenai perbedaan sekolah diploma dan sarjana, simplenya diploma mengedepankan praktek, sementara sarjana secara teori dan lama tempuh belajar, jika diploma normalnya 3 tahun, sarjana 4 tahun. Peluang kerja lulusan sekolah vokasi atau diploma juga terbuka lebar, dengan banyak perusahaan atau instansi yang membutuhkan karyawan lulusan Diploma, karena dianggap lebih siap bekerja.


Sekolah Vokasi UGM (SV-UGM) sekarang ini sudah berkembang pesat dengan adanya kerjasama dengan beberapa perusahaan atau instansi dalam maupun luar negeri. Tahun ini Sekolah Vokasi UGM dibuka melalui 2 jalur, yaitu Penelusuran Bibit Unggul atau bisa disebut PMDK dengan menggunakan nilai rapot dan Ujian Tulis yang merupakan seleksi dengan tes tertulis. Pada jalur PMDK UGM masih membagi menjadi beberapa golongan, yaitu :
  • PBUTM (Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu) : ditujukan bagi calon mahasiswa baru yang secara ekonomi tergolong tidak mampu, keuntungan program ini bagi calon mahasiswa yang diterima UGM akan menanggung biaya kuliah selama 6 semester jika memenuhi  prestasi yang sudah ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun. Tapi persyaratan mengikuti jalur ini, siswa harus memiliki prestasi 40% terbaik dikelasnya selama 5 semester atau 4 semester untuk aksel.
  • PBUK (Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan) : ditujukan kepada anda yang diusulkan oleh suatu instansi atau perusahaan yang mempunyai perjanjian kerjasama dengan UGM.
  • PBUB (Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi): ditujukan bagi calon mahasiswa baru yang empunyai prestasi khusus baik di bidang akademik maupun non akademik yang sesuai dengan kriteria UGM.
  • PBUSMAK (Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan) : ditujukan kepada siswa yang mempunyai prestasi akademik di sekolahnya, merupakan 40% terbaik dikelasnya dari semester 1-5 atau aksel smpai semester 4.

Sementara untuk ujian tulis UGM membuka 2 gelombang, untuk informasi lengkap mengenai jadwal penerimaan mahasiswa baru Sekolah Vokasi / Program Diploma UGM 2014 silahkan lihat gambar :



0 komentar:

Posting Komentar