Prospek Kerja Kuliah Jurusan Fisika Murni

Jurusan kuliah memang harus dipilih melalui berbagai pertimbangan, mulai dari kemampuan diri, kemampuan finansial sampai prospek kedepannya jurusan yang anda pilih. Mungkin banyak dari anda yang masih penasaran mengenai jurusan fisika murni, dibandingkan dengan jurusan fisika pendidikan yang mungkin prospek kerjanya sudah pasti menjadi guru, jurusan fisika biasanya dianggap hanya bisa menjadi dosen.


Di jurusan fisika anda tidak hanya berkutat di reaktor nuklir,partikel, gelombang dll.sekarang fisika sudah masuk ke era baru. Fisika adalah ilmu masa depan , siapa yg menguasai fisika bearti menguasai masa depan. Terbukti dengan banyak lulusan fisika yang menjadi dosen di Ilmu computer atau Teknik Informatika, bisa di lihat di UNS kebanyakan dosen computer adalah lulusan fisika. Dengan demikian lulusan fisika merupakan salah satu jurusan paling prospek, karena jurusan fisika akan mempelajari ilmu pasti.


Sebagai contoh tentunya anda mengenal Prof. BJ Habibie, beliau adalah fisikawan membanggakan bangsa ini. Di bidang eksakta, termasuk di bidang fisika, para ilmuwan Muslim telah memberikan kontribusi luar biasa untuk kehidupan umat manusia. Karya-karya mereka, khususnya fisikawan Muslim di zaman keemasan (golden ages) Islam, banyak memberi inspirasi dan mewarnai karya para ilmuwan Barat. Sebut saja misalnya Al-Haitham. Karya fisikawan Muslim yang hidup pada tahun 965-1039 Masehi ini memberi inspirasi pada Roger Bacon, Johann Kepler, Leonardo da Vinci, dan lain-lain.

Prospek kerja jurusan fisika murni sekarang ini bukan hanya menjadi dosen dan peneliti, jurusan fisika murni dapat bekerja di PT, lembaga penelitian seperti LIPI, Lapan, BPPT, bekerja pada perusahaan BUMN seperti pertamina dan swasta lainnya .

0 komentar:

Posting Komentar