Keunggulan / Kelebihan Program Diploma

Program diploma saat ini memang masih dipandang sebelah mata, kebanyakan orangtua tentunya menginginkan anaknya kuliah menjadi seorang sarjana. Siapa sangka ternyata program diploma mempunyai banyak keunggulan dibandingkan sarjana, entah dari sisi materil ataupun lapangan pekerjaan. Berikut adalah beberapa keunggulan program diploma, jika dilihat dari sisi akademik :
  1. Program pendidika Diploma III menggunakan system pembelajaran yang berbasis praktek atau hand on approach to learning, yang akan memudahkan pemahaman materi kuliah. Perbandingan kuliah praktek dan teori mencapai 70:30.
  2. Program pendidikan Diploma III akan menghasilkan lulusan siap kerja. Jika sebuah perusahaan mencari teknisi elektronika maka perusahaan tersebut akan memperoleh lulusan yang telah menguasai perancangan dan implementasi system elektronik analog maupun digital dengan keterampilan TI yang memadai.
  3. Waktu tempuh pendidikan lebih sedikit (3 tahun), sehingga biaya kuliah yang dikeluarkan secara total akan lebih murah dibandingkan dengan program Sarjana (S1).
  4. Lapangam pekerjaan bagi posisi lulusan Diploma III yang bergelar A.Md (ahli Madya) tetap tersedia. Tidak semua posisi pekerjaan dapat diisi oleh kualifikasi S1, karena membutuhkan skill tertentu dengan tingkat penghasilan yang sesuai.

 Lulusan Diploma III tetap dapat melanjutkan studi S1. Kuliah di Diploma III juga dapat dijadikan strategi untuk mencapai gelar S1 pada prodi yang memiliki tingkat persaingan masuk yang ketat. Karena bebrapa universitas menediakan program transfer dari D3 ke S1


Keunggulan-keunggulan diatas dapat dijadikan titik tolak untuk memutuskan alternative jenjang pendidikan yang akan ditempuh. Mantapkan diri, ikuti kata hati anda dan pilih program studi yang paling anda minati. Ada sesuatu yang sangat penting dengan melakukan ini. Jika anda menyenangi apa yang anda lakukan maka anda dapat memberikan karya terbaik anda dan itu berarti PELUANG SUKSES 

0 komentar:

Posting Komentar