Review Dan Prospek Kerja Jurusan Hukum

Hukum dapat berarti patokan, kaidah, ketentuan, peraturan atau undang-undang dan sebagainya yang digunakan untuk mengatur pergaulan hidup masyarakat. Secara umum, hukum ialah peraturan yang secara resmi dianggap mengikat, peraturan ini kemudian dikukuhkan oleh pemerintah atau penguasa. Jurusan ilmu hukum adalah sebuah jurusan yang terdapat pada perguruan tinggi yang mempelajari ilmu-ilmu hukum.
Meskipun hukum berkaitan erat dengan pasal-pasal dan perundang-undangan, namun bukan berarti mempelajari ilmu hukum hanya sekedar mempelajari dan menghafal pasal. Kebanyakan orang memiliki mind set bahwa jika ingin masuk dalam jurusan ini, maka kita harus siap untuk menghafal pasal-pasal dan undang-undang. Pemikiran itu tidak sepenuhnya benar.

Apa Yang Dipelajari Di Jurusan Hukum?
Pada ilmu hukum, yang paling ditekankan adalah cara berfikir. Kita akan diajari bagaimana untuk berfikir dengan logika secara benar dan tepat. Cara berfikir logika ini dibutuhkan untuk mengimplementasikan hukum atau perundang-undangan itu sendiri. Memang, ada beberapa mata kuliah di dalam jurusan hukum yang menuntut kita menghafal pasal dan perundang-undangan. Namun bukan berarti kita harus menghafal diluar kepala pasal-pasal tersebut, karena tetap saja, pengembangan cara berfikir menjadi nomor satu pada pembelajaran ilmu hukum.

Jurusan hukum dalam praktik kegiatan belajar mengajarnya hampir sama dengan mata kuliah lainnya. Yaitu melangsungkan kuliah umum, tatap muka, dan praktik. Perbedaannya, di dalam jurusan ilmu hukum ada tambahan lain seperti dilangsungkannya simulasi sidang.

Prospek Kerja Lulusan Hukum
Seperti yang banyak orang ketahui, lulusan hukum bisa menjadi seorang pengacara, jaksa, ataupun hakim. Akan tetapi, tidak semua orang tetap harus dan tetap dapat terjun ke dunia hukum dan memilih pekerjaan sebagai jaksa, hakim, dan pengacara. Bagi orang yang ingin memasuki dunia bisnis, lulusan hukum dapat menjadi seorang ahli hukum di sebuah perusahaan-perusahaan tertentu.

Selain yang telah disebutkan, masih banyak sekali lapangan kerja yang dapat dimasuki oleh seorang lulusan jurusan hukum. Misalnya menjadi polisi, panitera pengadilan, PNS, mediator, konsultan, notaris dan sebagainya. Namun, jika anda tertarik untuk menjadi notaris, anda harus menempuh S2 kenotarisan terlebih dahulu.


0 komentar:

Posting Komentar