Hal-hal yang Dipelajari dalam Jurusan Ekonomi dan Prospek Kedepannya

Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya akan pemenuhan barang dan jasa dengan sumber daya yang terbatas. Ilmu ekonomi memang sangat penting untuk dipelajari terutama untuk mengetahui tentang perkembangan suatu Negara.

Suatu Negara dapat dikatakan sebagai Negara yang maju jika Negara tersebut mampu menciptakan kemakmuran yang merata kepada seluruh rakyatnya. Hal tersebut ditandai dengan laju pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan perilaku rakyatnya dalam mencintakan suatu kondisi yang kondusif untuk menciptakan perekonomian Negara yang bersih dan konsisten untuk terus berkembang ke arah yang lebih maju.

HAL-HAL YANG DIPELAJARI DALAM JURUSAN EKONOMI
Secara umum, ilmu ekonomi dibagi menjadi dua ruang lingkup yang sangat mendasar yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro merupakan salah satu cabang dalam ilmu ekonomi dalam jurusan ekonomi yang mempelajari tentang bagaimana perilaku individu baik konsumen maupun produsen dalam suatu pasar untuk menggunakan sumber daya seefisien mungkin demi mendapatkan kepuasan semaksimal mungkin.

Jurusan ekonomi juga mempelajari ekonomi makro yang merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang dipelajari dalam untuk melihat mekanisme kerja secara keseluruhan dari pelaku ekonomi yang terlibat dalam suatu pasar. Pembahasan yang terdapat di dalam ekonomi makro ini lebih luas dan menyeluruh jika dibandingkan dengan ekonomi mikro.
Selain kedua cabang ilmu tersebut, sebenarnya ada beberapa cabang lainnya seperti ekonomi pembangunan yang juga perlu untuk anda kuasai jika anda memilihnya.

PROSPEK KEDEPAN JURUSAN EKONOMI
Setiap jurusan yang terdapat di dalam suatu perguruan tinggi memang memiliki prospek yang berbeda yang dapat mempengaruhi masa depan dari lulusan jurusan tersebut. Gaji yang tinggi dan karir yang mapan merupakan tujuan mendasar yang diinginkan oleh semua mahasiswa/mahasiswi yang baru saja lulus dari jenjang pendidikannya.

Laju pertumbuhan ekonomi yang selalu berubah-ubah setiap waktu merupakan salah satu dasar dari dibutuhkannya jasa para lulusan jurusan ekonomi untuk memecahkan berbagai masalah yang sering dijumpai dalam perekonomian suatu Negara. Anda dapat menggunakan setiap ilmu yang anda dapat selama perkuliahan untuk memecahkan masalah yang ada.


Analis keuangan, ekonom, konsultan ekonomi, auditor dan pekerjaan di instansi pemerintahan merupakan beberapa contoh pekerjaan yang dapat anda masuki jika anda merupakan lulusan dari sarjana tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar