Peluang Kerja Pada Jurusan Pertanian

Mungkin banyak orang yang memiliki anggapan bahwa pekerjaan atau profesi pada bidang pertanian selalu identik dengan sawah, panas, kotor, keterbelakangan, kemiskinan, dan sebagainya. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Sarjana pertanian adalah orang-orang yang dituntut untuk menyebarkan dan mengembangkan teknologi dan ilmu pengetahuan di bidang pertanian. Penyebaran dan pengembangan teknologi ini tentunya bertujuan untuk memperbaiki kondisi pertanian di Indonesia.

Dengan adanya sarjana-sarjana lulusan pertanian, diharapkan kualitas serta kuantitas produk pertanian di Indonesia dapat meningkat. Selain itu, perbaikan kualitas serta kuantitas ini sekaligus dilakukan sebagai proses perbaikan taraf hidup petani. Ilmu pengetahuan pertanian memiliki peranan yang paling besar dalam hal ini. Dibutuhkan berbagai macam penelitian yang dilakukan oleh para sarjana pertanian untuk mengembangkan produksi dan kualitas tani.

Pemilihan Bidang Pada Jurusan Pertanian
Bagi anda yang tertarik mengenai pertanian, anda dapat masuk ke dalam jurusan ini dan memilih bidang tertentu sesuai dengan minat anda. Misalnya anda menyukai dunia bisnis, maka anda dapat memulainya dengan masuk jurusan pertanian bidang agribisnis. Sedangkan jika anda lebih menaruh minat pada penelitian, perkebunan, teknologi pertanian dan sebagainya, anda dapat mengambil jurusan agroteknologi, perhutanan, dan lain-lain.

Jurusan pertanian memiliki bidang yang berbeda-beda namun tetap seputar pertanian. Seperti misalnya agribisnis. Agribisnis disini bukan berarti anda akan mempelajari cara berbisnis secara murni, melainkan tetap ada hubungannya dengan pertanian. Misalnya sebagai produsen dan distributor  hasil pertanian yang mampu menjaga kualitas hasil pertanian tersebut secara kontinu. Untuk menjadi seorang produsen pertanian tentunya orang harus  memiliki wawasan mengenai pertanian itu sendiri.

Peluang Kerja Jurusan Pertanian
Menjadi seorang sarjana pertanian memiliki peluang kerja yang cukup luas. Banyak lembaga-lembaga baik swasta maupun nasional yang membutuhkan sarjana-sarjana pertanian untuk melakukan penelitian guna membangun sistem pertanian Indonesia menjadi lebih baik. Lembaga-lembaga yang dapat dimasuki seperti Perlindungan Tanaman, Departemen dan Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Perhutanan, Bapeda, Badan Pertahanan Nasional dan masih banyak lagi.


Atau bisa juga seorang sarjana pertanian terjun ke dalam dunia wirausaha seperti yang telah disebutkan, terjun ke dunia pendidik, atau bahkan sarjana lulusan jurusan pertanian juga dapat terjun ke dunia politik sabagai menteri pertanian.

1 komentar:

Post a Comment