Jurusan Komunikasi Dan Prospek Kerjanya

Komunikasi merupakan unsur terpenting yang harus terjalin antar manusia. Berbagai alat komunikasi diciptakan untuk mempermudah sarana komunikasi antar masyarakat seperti telepon, koran, radio, televisi, sampai jaringan internet. Tumbuhnya media komunikasi seperti pertelevisian, koran, dan sebagainya itu tentu saja membutuhkan seseorang yang memiliki skill yang handal dan mengerti tata cara berkomunikasi yang baik untuk menyampaikan berbagai informasi melalui media-media tersebut.

Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, jurnalisme yang handal, dan kemampuan mengembangkan dan menggunakan teknologi tentunya tidak muncul begitu saja. Dibutuhkan ilmu yang mendasari dan dibutuhkan juga banyak latihan agar seseorang memiliki semua kemampuan itu. Dalam hal ini, ilmu komunikasi berperan sebagai sarana  pembelajaran yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan komunikasi.  Baik itu kemampuan berbicara, menulis, menyampaikan secara visual, dan sebagainya.

Seperti Apa Jurusan Ilmu Komunikasi Itu?
Mempelajari ilmu komunikasi tidak hanya diperuntukkan bagi mereka-mereka yang telah mempunyai skill dasar berkomunikasi yang baik saja. Jurusan komunikasi tetap bisa dimasuki sekalipun oleh seseorang yang pendiam dan tidak memiliki kepandaian berbicara. Karena, seperti yang kita tahu bahwa komunikasi tidak hanya dilakukan melalui lisan saja, namun bisa juga melalui tulisan.

Pada jurusan komunikasi, terdapat sebuah dimana seseorang akan  akan difokuskan pada satu bidang. Misalnya jurnalistik yang menitikberatkan pada jurnalisme  yang bergerak di bidang cetak seperti koran, majalah, dan lain-lain, pengembangan kemampuan berbicara, desain komunikasi visual, dan sebagainya.

Kesempatan Kerja Bagi Mahasiswa Lulusan Ilmu Komunikasi
Banyak peluang kerja yang dapat ditembus oleh mahasiswa lulusan ilmu komunikasi seperti kesempatan menjadi seorang pembawa acara di televisi, reporter berita, wartawan, penyiar radio, sutradara, produser, dan sebagainya. Karena dibekali dengan kemampuan menjalankan alat komunikasi, lulusan dari jurusan ini juga dapat menjadi seorang fotografer, editor gambar dan video, ataupun bekerja pada bidang desain komunikasi visual.


Jadi, dapat dikatakan bahwa ilmu komunikasi merupakan jurusan yang paling netral karena dapat memasuki banyak bidang. Selain itu, sangat  besar kemungkinan bagi lulusan  jurusan komunikasi untuk bekerja sebagi seorang penulis, jurnalis, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungan dengan media cetak dan elektronik.

0 komentar:

Posting Komentar