Peluang Kerja Mahasiswa Lulusan Sastra Inggris

Sastra merupakan sebuah karya yang berbentuk lisan maupun tulisan. Dapat dikatakan bahwa, sastra merupakan seni tulisan yang memiliki nilai-nilai estetis atau keindahan. Jika dibandingkan dengan bahasa ilmiah dan bahasa non-sastra, maka akan terlihat jauh perbedaannya. Dalam sastra, banyak digunakan bahasa-bahasa konotatif atau kiasan, selain itu sastra sering kali bersifat acak dan irasional. Ini sangat berbeda dengan bahasa ilmiah yang selalu to the point dalam penyampaian fakta yang dimiliki serta bersifat rasional. Hasil dari karya sastra dapat berupa roman, novel, drama, atau puisi.

Dalam sastra Inggris, yang paling banyak dipelajari bukanlah bahasa atau struktur kebahasaan bahasa Inggris, melainkan budayanya. Mahasiswa sastra inggris juga akan mempelajari tentang kepenulisan baik kepenulisan untuk media maupun kepenulisan untuk karya-karya sastra. Selain itu, diajarkan juga mengenai bisnis, politik, serta sejarahnya.

Mengapa Memilih Sastra Inggris?
Memilih sastra inggris memiliki keuntungan ganda. Dengan mempelajari karya sastra orang-orang barat (Inggris, Amerika, dll) secara otomatis kita akan belajar bahasanya. Jurusan sastra Inggris berbeda dengan jurusan bahasa Inggris yang hanya mempelajari bahasanya saja. Selain itu, sastra inggris memiliki sifat keterampilan yang dibarengi dengan keilmuan.

Jurusan sastra Inggris tidak hanya mempelajari satu bidang keilmuan saja. Seperti yang telah disebutkan bahwa dengan belajar sastra inggris, secara otomatis kita juga akan mempelajari bahasa inggris secara linguistik. Dalam pembelajarannya, kita akan dibekali dengan pengetahuan sejarah, politik, kepenulisan dan sebagainya.

Lapangan Kerja Bagi Lulusan Sarjana Sastra Inggris
Dengan berbekal keterampilan berbahasa dan keilmuan yang dimiliki, seorang sarjana lulusan sastra inggris berkompeten untuk bekerja sebagai seorang penerjemah, menteri luar negeri, duta besar, pendidik, kritikus sastra, dan sebagainya. Selain itu, lulusan sastra Inggris juga dapat bekerja di berbagai media cetak dan elektronik serta dapat bekerja di bidang periklanan, baik sebagai seorang penulis maupun jurnalistik.


Dalam memilih pekerjaan, kita tinggal menyesuaikan minat dan keahlian yang kita miliki. Mahasiswa pada jurusan sastra Inggris memang dipersiapkan untuk memiliki keahlian-keahlian seperti Linguistik, Literatur, dan American Studies. Oleh sebab itu, lulusan dari jurusan ini dapat berkompetensi di berbagai bidang pekerjaan. 

0 komentar:

Posting Komentar