Hal-hal yang Dipelajari dan Kegunaan dari Jurusan Akuntansi

Akuntansi adalah suatu kegiatan mencatat berbagai informasi mengenai kondisi keuangan instansi atau perusahaan dalam rangka untuk menentukan tindakan yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan pemecahan masalah. Ilmu akuntansi ini banyak digunakan dalam berbagai lembaga pemerintah dan perusahaan besar yang bergerak di bidang perbankan serta perusahaan lainnya yang membutuhkan jasa akuntan.
Pertumbuhan ekonomi suatu perusahaan yang tidak menentu setiap waktunya merupakan hal dasar mengapa ilmu akuntansi ini sangat penting untuk anda pelajari. Jika anda adalah orang yang menyukai tentang ilmu ekonomi dan berbagai macam hal lainnya yang berhubungan dengan keuangan maka anda sangat cocok untuk melanjutkan pendidikan di jurusan ini.

APA SAJA YANG AKAN ANDA PELAJARI DALAM JURUSAN AKUNTANSI?
Ilmu akuntansi merupakan suatu cabang ilmu yang masih berkaitan dengan ilmu ekonomi yang keberadaannya fleksibel. Maksud kata fleksibel dalam jurusan akuntansi disini adalah mengikuti perkembangan jaman dan perkembangan ekonomi yang sedang terjadi di dalam suatu Negara.

Jurusan akuntansi sendiri menyediakan berbagai cabang ilmu akuntansi yang dapat anda pelajari jika anda melanjutkan jenjang perguruan tinggi di jurusan ini. Akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi manajemen, dan akuntansi proyek merupakan beberapa jenis akuntansi yang nantinya dapat anda pelajari untuk memperdalam wawasan anda mengenai ilmu akuntansi.

Selain itu, anda juga dapat mempelajari ilmu lainnya seperti aktual basis dan kas basis, akuntan internal dan akuntan eksternal serta auditing.

KEGUNAAN JURUSAN AKUNTANSI BAGI DUNIA PEKERJAAN
Ilmu akuntansi ini memang memiliki banyak kegunaan yang dapat anda gunakan sebagai modal awal anda untuk mendaftarkan diri pada suatu perusahaan. Secara umum, kegunaan ilmu akuntansi ini berguna untuk membuat laporan keuangan perusahaan dalam setiap kurun waktu tertentu untuk melihat bagaimana perkembangan perusahaan dalam periode waktu tertentu.

Untuk dapat memahami anda mengenai kegunaan ilmu akuntansi bagi suatu perusahaan, maka kegunaan ilmu akuntansi dalam jurusan akuntansi dibagi menjadi dua yaitu kegunaan untuk pihak intern dan pihak ekstern. Kegunaan ilmu akuntansi untuk pihak intern ini meliputi perencanaan, pengendalian, dan pertanggung jawaban yang dilakukan atas dasar situasi dan kondisi perusahaan yang sedang dialami.


Sedangkan kegunaan ilmu akuntansi untuk pihak ekstern adalah untuk mengambil suatu keputusan dalam memecahkan setiap permasalahan yang sedang dialami.

0 komentar:

Post a Comment