Tips Mencontek Aman

Mencontek memang telah mendarah daging pada sebagian besar pelajar di Indonesia, tidak bisa dipungkiri jika kemampuan kita masih kurang dan dituntut untuk mencapai target nilai tertentu maka cara yang paling mudah namun beresiko adalah melakukan kecurangan. Disini akan saya berikan tips mencontek agar tidak ketahuan oleh pengawas, berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika masih menjadi seorang pelajar.


  1. Mencontek dengan mengcopy buku materi diperkecil, cara ini memang cukup efektif bagi kalian yang memang sudah malas untuk belajar, dengan hanya mengcopy buku materi yang biasanya soal – soal memang mengacu pada buku itu anda sudah bisa menikmati hasilnya. Letakkan ditempat yang paling tersembunyi entah di kaos kaki atau di sabuk anda.
  2. Menggunakan media bantu seperti HP, Kalkulator atau kamus elektik. Di soal memang sudah tertulis dengan jelas bahwa dilarang menggunakan media bantu tersebut, tapi jika tidak ketahuan ya tidak papa kan hehe. Anda tentu sudah tau kalau sekarang banyak teknologi yang mendukung hal tersebut, contohnya sekarang banyak jam tangan HP atau jam tangan kamus juga ada, tinggal kita beli saja.
  3. Menulis rumus – rumus di badan anda, soal matematika, fisika dan ekonomi tentunya anda malas jika harus menghafal rumus yang sangat banyak maka dari itu anda bisa mengakalinya dengan menuliskan rumus ditangan, atau dibagian tubuh lainnya yang tidak mudah dilihat.
  4. Pura – pura ke toilet, anda bisa menggunakan variasi cara dengan ini. Bisa anda menyembunyikan jawaban di bagian toilet yang tidak terlihat orang, atau cara ini ampuh jika anda kesulitan membuka contekan di dalam ruangan
  5. Jika anda memang tidak berani melakukan hal itu semua, cara yang dapat anda lakukan selanjutnya adalah menghitung manik – manik anda, atau mungkin menjawab soal 1 pilihan, A semua atau B semua. Kebanyakan pembuat soal membuat jawaban yang imbang. Ini cara yang paling jujur tapi anda hanya akan mendapat milai sedikit.


Tips – tips tersebut hanya sebagaian kecil dari banyak cara untuk mencontek. Namun ketahuilah bahwa mencontek adalah salah satu tindakan tercela, sebenarnya tidak jarang pengawas yang sudah tahu kalau kita mencontek tetapi tetap dibiarkan, karena mereka merasa kasihan pada kita yang sudah dibiayai sekolah oleh orang tua kita tetapi malah melakukan hal itu. Maka dari itu berfikirlah seribu kali untuk mencontek dengan resiko yang harus di tanggung jika jetahuan ataupun tidak ketahuan.

0 komentar:

Posting Komentar