5 Kelebihan Kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret atau yang lebih sering di kenal dengan nama UNS merupakan salah satu perguruan tinggi papan atas di Indonesia, walaupun namanya tidak sebesar UGM, UI ataupun ITB tapi kualitasnya tidak kalah dari PTN tersebut. UNS memiliki banyak kelebihan yang tersimpan didalamnya, bagi anda yang sudah pernah dating langsung ke UNS tentunya sudah merasakan hijaunya kampus UNS. Nah bagi anda yang belum tahu kelebihan UNS saya kasih tau, sebagai referensi anda mencari PTN untuk melanjutkan study:


  1. UNS merupakan salah satu perguruan tinggi dengan biaya kuliah termurah, Dengan menerapkan system Uang Kuliah Tunggal (UKT) Biaya yang  dihitung berdasarkan rata-rata dari akumulasi biaya pendidikan masing-masing program studi di suatu perguruan tinggi selama delapan semester. Dengan berlakunya UKT otomatis tidak ada lagi pungutan biaya pendidikan seperti SPP, BPI, uang lab, dan berbagai pungutan lainnya. UKT di tiap program studi berbeda-beda. Di UNS, UKT tahun 2012 terrendah ditempati oleh Program Studi Sosiologi dengan angka Rp 2.150.000,-. Sedangkan prodi favorit di UNS, Pendidikan Dokter, merupakan prodi dengan UKT tertinggi sebesar Rp 5.549.000,-.
  2. Biaya hidup yang dibutuhkan selama kuliah di UNS cukup terjangkau. Hanya sekitar Rp 500 ribu – Rp600 ribu per bulannya. Untuk biaya kos/rumah tinggal  mulai dari harga Rp 1,5 juta/tahun dengan berbagai fasilitas pendukungnya. Disparitas harga ini disesuaikan dengan fasilitas kos yang disediakan, misalnya: kamar mandi dalam, AC, hingga wifi.
  3. Kuliah di kota Solo, jantung kebudayaan Jawa, tidaklah cukup hanya menikmati kegiatan akademik kampus. Nikmati juga wisata di sekitar kota ini. Tidak hanya nuansa seni dan budaya yang menyenangkan, tetapi juga diskusi-diskusi yang diselenggarakan di dalamnya. Pun, merasakan kembali perjalanan ke masa lampau dengan kuliner Solo yang tak lekang waktu dan perjalanan sejarahnya. Solo terkenal dengan budaya dan keseniannya. Luangkan waktu dan nikmati pagelaran wayang orang, tarian tradisional, kotemporer, kerajinan keris, wayang kulit, dan gamelan, serta diskusi tentang sastra, puisi, tema kemanusiaan di kota ini. Untuk menikmati itu semua Anda bisa datangi: Balai Soedjatmoko, Pasar Barang Antik Triwindu, Sanggar Wayang Kulit Bale Agung, Taman Balekambang, Taman Budaya Jawa Tengah, Alun – alun kota, monument pers solo, bakmi toprak solo, serabi, kamueng batik kauman, pasar klewer dan masih banyak lagi lainnya
  4. Akses free wifi. Peningkatan kapasitas Bandwidth senantiasa meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2012 Bandwidth meningkatkan dua kali lipat menjadi 350 MBps dari tahun sebelumnya yang hanya 112 MBps. Selain Kampus Kentingan, jaringan internet juga menjangkau kampus-kampus di luar Kentingan, meliputi: Kampus Pabelan (3 MBps), Kampus Manahan (1 MBps), Kampus Panggung (2 MBps), Kampus Ngoresan (1 MBps), Kampus Kebumen (2 MBps), Kampus Kleco (4 MBps), dan Kampus Mesen (1 MBps).
  5. Lingkungan sekitar yang sangat mendukung. Masalah klasik bagi mahasiswa adalah soal pergaulan, disbanding di jogja, solo merupakan kota yang aman, nyaman dan sopan. Di lingkungan UNS umumnya anda akan menemui orang – orang yang baik dan mudah bergaul. Banyak mahasiswa UNS yang berasal dari latar belakang ekonomi yang sama, jadi akan mudah bergaul.
Tentunya masih banyak lagi kelebihan kampus UNS yang tidak bisa disebutkan satu persatu J

Referensi : uns.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar