Pentingnya Menguasai Matematika

Matematika mungkin saat ini mesih menjadi momok menakutkan bagi siswa – siswi di Indonesia. Tidak bisa dipungkiri memang pelajaran satu ini dapat memeras otak kita. Akan tetapi sebenarnya pelajaran matematika mempunyai banyak fungsi untuk kedepannya, sehingga penting untuk kita menanamkan matematika pada saudara atau anak kita yang masih kecil. Matematika merupakan ibu dari mata pelajaran lain, karena matematika adalah ilmu pasti.
Beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika menguasai matematika :
  • Penalaran. Belajar matematika adalah belajar olah pikir dimana belajarnya dengan penalaran. Dalam kaitan ini siswa dituntut untuk mampu membaca pernyataan matematika, baik kondisi maupun kesimpulannya.  Siswa  berusaha  untuk  memahami  makna  pernyataannya  dengan keyakinan.
  • Komunikasi. Matematika sangat kaya akan gagasan dan hasil yang karakteristiknya singkat, padat, kompak, dan bermakna tunggal. Semua ini harus dapat dikomunikasikan secara lisan, tulisan, atau visual. Siswa dituntut untuk mampu memahami simbol dan notasi matematika dan menkomunikasikannya terutama dalam bentuk tulisan. Komunikasi yang efektif dan efisien  perlu  dibangun  antara  informasi  dari buku,  guru,  dan  siswa  berdasarkan  penalaran yang memadai.
  • Pemecahan Masalah. Pemecahan masalah  matematika secara efektif dan efisien seringkali didasarkan atas kemampuan membaca dan bernalar. Pemecahan masalah dimulai dengan merumuskan, mengumpulkan informasi, mencari gagasan, merumuskan gagasan dalam langkah tindakan, memeriksa setiap langkah, menuliskan solusi, dan menafsirkan hasil yang diperoleh. Pemecahan masalah diharapkan dapat membangun sifat ulet, rasa ingin tahu, dan percaya diri.
  • Pemahaman konsep dan teori. Banyak masalah yang pemecahannya memerlukan ketajaman konsep dan teori, yang ditampilkan dalam bentuk yang mudah dipahami, kompak tajam, dan siap pakai. Langkah untuk pemahamannya mulai dengan membaca, merumuskan, mengidentifikasi, menafsirkan, menerapkan, dan mengembangkannya.

Masih banyak lagi fungsi memahami matematika.

0 komentar:

Posting Komentar