Prosedur/Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) UNY 2014

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai lembaga pendidikan tinggi menyelenggarakan berbagai program studi untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam upaya peningkatan SDM tersebut, UNY melakukan seleksi untuk mendapatkan mahasiswa yang berpotensi dari para calon mahasiswa yang makin bertambah dari tahun ke tahun.

Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN pada tahun 2014 ini UNY akan membuka satu jalur lagi untuk anda yang berminat menjadi salah satu bagian dari mahasiswa UNY, yakni melewati jalur Seleksi Mandiri UNY. Pendaftaran SM UNY 2014 akan dibuka mulai 2 Juni – 5 Agustus.

Berikut adalah prosedur pendaftaran Seleksi Mandiri UNY 2014
  1. Memilih kelompok SAINTEK, SOSHUM, atau CAMPURAN sesuai dengan program studi S1 dan atau D3 yang diminati. Daftar program studi dan kelompok dapat dilihat pada Tabel 1.
  2. Memilih dua program studi S1 dan atau D3 untuk Kelompok SAINTEK atau SOSHUM dan memilih tiga program studi S1 dan atau D3 untuk  Kelompok CAMPURAN. Untuk kelompok CAMPURAN,  pilihan terdiri dari dua program studi kelompok SAINTEK dan satu program studi kelompok SOSHUM atau dua program studi kelompok SOSHUM dan satu  program studi kelompok SAINTEK.
  3. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp175.000,00 untuk kelompok SAINTEK atau SOSHUM, dan Rp200.000,00  untuk Kelompok CAMPURAN. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri.   Calon peserta yang memilih Prodi yang mensyaratkan uji keterampilan dan tes khusus membayar biaya sebesar Rp100.000,00 per prodi. Prosedur pembayaran dapat dilihat di situs http://pmb.uny.ac.id.
  4. Melakukan login ke situs PMB UNY untuk mengisi formulir pendaftaran.
  5. Mengikuti tes  tulis dan uji keterampilan (untuk prodi tertentu) sesuai jadwal.  Materi tes tulis terdiri dari :

  • Kelompok SAINTEK meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bidang Studi  IPA.
  • Kelompok SOSHUM meliputi Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Bidang Studi  IPS.

1 komentar: