7 Komponen Penentu Kelulusan SNMPTN di UGM

Hasil SNMPTN akan bisa diketahui oleh siswa pendaftar pada hari Selasa 27 Mei 2014 melalui website resmi panitia SNMPTN sekitar pukul 12.00. sebagian dari teman – teman mungkin penasaran dengan bagaimana universitas menilai siswa untuk bisa lolos dari SNMPTN. Tenyata banyak factor penilaian yang menentukan lolos/tidaknya anda ke perguruan tinggi yang dipilih.

Bagi anda yang mendaftar di Universitas Gajah Mada (UGM) ada 7 komponen penilaian yang ditetapkan sebagai penentu kelulusan SNMPTN. Menurut wakli rector bidang akademik dan kemahasiswaan UGM, Iwan Dwi Prahasto, menyatakan tujug komponen yang dinaksud adalah Nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) yang diambil prosentasenya sekitar 10% sampai 15% , Indesks sekolah, nilai rapor, rangking sekolah, prestasi siswa selama sekolah, pencapaian alumni sekolah pendaftar, rasio pendaftar yang meminatiprogram studi yang dipilij serta track record sekolah selama ini.

Dari 7 komponen tersebut mungkin anda sudah bisa memprediksi alasan jika nantinya anda diterima ataupun tidak diterima di PTN yang dituju. Kemungkinan besar system penilaian di PTN lainnya akan menerapkan komponen penilaian yang hampir sama dengan komponen yang telah disebutkan oleh UGM tersebut.


UGM sendiri pada tahun ini kan menerima mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN dengan prosentase 50% dari kuota keseluruhan atau sekitar 4.000 mahasiswa. Sementara untuk jalur lain seperti SBMPTN 3400 dan Ujian Madiri 2.000 calon mahasiswa.

0 komentar:

Post a Comment