Seleksi UMDESAIN ITS 2013

UMDESAIN merupakan Ujian Masuk Sarjana (S1) Jurusan Desain Produk Industri ITS yang diselenggarakan secara mandiri dalam rangka menjaring calon mahasiswa yang berpotensi dan memiliki kreatifitas untuk menempuh pendidikan akademik bidang Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, dan Desain Interior.
DESAIN PRODUK INDUSTRI
Bidang desain yg mempelajari dan mengaplikasikan konsep inovatif produk fungsi guna dengan pendekatan fungsional, estetika, ergonomi, teknologi, sosial-budaya , serta ekonomi.

DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Bidang desain yg berkonsentrasi pada pengolahan bahasa visual sebagai media komunikasi pesan, informasi serta pencitraan melalui media grafik, elektronik, interaktif, animasi dan multimedia.
DESAIN INTERIOR
Bidang desain yg berkonsentrasi pada penciptaan suasana ruang dengan mengacu pada pola perilaku manusia, fungsi, estetika, budaya, teknologi, serta ekonomi.
Pilihan program studi akan ditentukan berdasarkan hasil ujian tulis.
Laboratorium
1.   Laboratorium Digital Modeling: Riset dan Pengembangan desain berbasis digital, CAD, CAM, CGI.
2.   Laboratorium ProtoModel: Riset dan Pengembangan Prototipe, model berbahan kayu, metal & polymer.
3.   Laboratorium Ergonomi: Riset dan Pengembangan Faktor kenyamanan, keselamatan dan keamanan pengguna produk hasil desain.
4.   Laboratorium Fotografi: Riset dan Pengembangan Fotografi Model, Fashion, Lansekap, Produk, Interior dan Komersial
5.   Laboratorium Audio Visual: Riset dan Pengembangan Sinema, film, multimedia, animasi dan game.
6.   Laboratorium Riset Desain: Riset dan Pengembangan Pasar, Brand, Marketing, Manajemen Desain.
Mekanisme Penerimaan
Terdapat 2 (dua) jalur penerimaan calon mahasiswa desain, produk dan industri ITS yaitu melalui:
1.   Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dan
2.   Ujian Masuk Desain Produk Industri (UMDESAIN) baik melalui jalur reguler maupun kemitraan
Hasil UMDESAIN akan digunakan sebagai dasar seleksi jalur kemitraan dan mandiri pada Program Kemitraan dan Mandiri ITS.
Skema Penerimaan
Skema penerimaan bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus UMDESAIN meliputi 2 (dua) skema penerimaan sebagaimana berikut.
A.   Diterima dari jalur Program Reguler
B.   Diterima dari jalur Program Kemitraan dan Mandiri (PKM)
Program Kemitraan hanya diperuntukkan bagi mitra yang telah dan akan melakukan kerjasama dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
Daya Tampung
Kuota pada tahun akademik 2013/2014 untuk Desain Produk dan Industri ITS adalah sebesar 180 mahasiswa. Adapun rincian per jalur adalah sebagai berikut.
·         Jalur SNMPTN (50%) : 90 orang
·         Jalur UMDESAIN
a.     Program Reguler (30%) : 54 orang
b.    Program Kemitraan dan Mandiri (20%) : 36 orang
Biaya Pendidikan
Biaya pendidikan untuk jurusan Desain Produk Industri mengikuti ketentuan yang ditetapkan ITS.
A.   Program Regular
Biaya pendidikan mengikuti Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang diterapkan oleh ITS dengan besaran sesuai kemampuan dan kondisi sosial ekonomi orangtua paling besar Rp. 7.500.000,-.per semester.
B.   Program Kemitraan
Biaya pendidikan meliputi Uang Kuliah (UK) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Besaran UK adalah Rp. 7.500.000,- per semester dan besaran SPI sesuai dengan yang telah disepakati dalam piagam kerjasama kemitraan antara ITS dengan mitra ITS. SPI hanya dibayarkan 1 (satu) kali pada saat awal kuliah saat daftar ulang.
C.   Program Mandiri
Biaya pendidikan mengikuti Uang Kuliah (UK) yang diterapkan oleh ITS dengan besaran biaya sebesar Rp. 7.500.000,-.per semester.
Persyaratan Mendaftar
·         Lulusan SMA/SMK/MA tahun 2011, 2012 dan 2013 untuk semua jurusan.
·         Sehat Jasmani dan Rohani, Tidak buta warna dan bebas narkoba.
Pendaftaran
PROGRAM REGULER
Pendaftaran UMDESAIN dimulai tanggal : 13 Mei - 21 Juni 2013, dilakukan secara online melalui web Seleksi Masuk ITS: http://smits.its.ac.id
PROGRAM KEMITRAAN DAN MANDIRI
Pendaftaran UMDESAIN dimulai tanggal : 10 Juni - 23 Juli 2013, dilakukan secara online melalui web Seleksi Masuk ITS : http://smits.its.ac.id. Seleksi program ini menggunakan skor atau hasil dari UMDESAIN, dengan demikian calon peserta Program Kemitraan dan Mandiri untuk Desain Produk dan Industri WAJIB mengikuti UMDESAIN 2013.
Pendaftaran UMDESAIN dilaksanakan secara online melalui website Seleksi Masuk ITS (SMITS)http://smits.its.ac.id dengan tata cara sebagai berikut:
1.   Calon peserta membayar biaya ujian sebesar Rp. 500.000,00 mulai tanggal 13 Mei 2013 pukul 12.00 WIB sampai dengan 21 Juni 2013 melalui loket/ATM/teller cabang Bank BNI atau BRI di seluruh Indonesia. Pendaftaran secara online ditutup pada tanggal 21 Juni 2013 pukul 12.00 WIB.
2.   Pada saat melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan kode "11" dilanjutkan tanggal lahir dengan format yyyymmdd (4 digit tahun lahir, 2 digit bulan lahir, dan 2 digit tanggal lahir). Lihat di bagian tata cara pembayaran di Bank.
3.   Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 8 karakter, dan (b) PIN Pendaftaransepanjang 16 karakter.
PERHATIAN: KAP dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja.  Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.

4.   Calon peserta melakukan pendaftaran secara

0 komentar:

Posting Komentar