Informasi Kuliah Di Luar Negeri (Program Double Degree UMS)

Program Double Degree merupakan hasil kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan universitas mitra di luar negeri. Jika kamu terdaftar sebagai mahasiswa program Double Degree, setelah lulus  kamu akan mendapat satu gelar sarjana dari UMS dan satu gelar sarjana dari universitas mitra. Kurikulum program studi yang menjadi bagian dari program Double Degree telah disetarakan dan diakui oleh universitas mitra. Itulah sebabnya, hasil studi di UMS diakui oleh universitas mitra.


Mahasiswa program Double Degree menempuh kuliah selama tiga tahun di UMS dan satu tahun di universitas mitra. Mahasiswa diwajibkan tinggal di Pondok Internasional KH  Mas Manshur, yaitu sebuah pondok pesantren milik Universitas Muhammadiyah Surakarta yang di-setting untuk tempat tinggal bagi mahasiswa internasional. Di Pondok ini mahasiswa internasional mendapat gemblengan lebih terkait keagamaan dan kemampuan bahasa. Kuliah diselenggarakan terutama dengan bahasa Inggris, namun untuk tahun pertama dan kedua masih dimungkinkan penggunaan bahasa secara bilingual. Dengan perlakuan ini, kamu tidak usah khawatir jika kamu belum mahir bahasa Inggris. Pembiasaan di Pondok dan kuliah di kelas akan membuat kamu semakin mahir bahasa Inggris.

Kuliah di Program Double Degree jauh lebih menguntungkan dibanding kuliah di luar negeri. Untuk mendapat gelar sarjana dari universitas di luar negeri jelas membutuhkan biaya yang sangat besar. Sebagai contoh, jika kamu kuliah di Kingston University, Inggris untuk memperoleh gelar sarjana Teknik Mesin (BSc in Automotive Engineering), maka biaya yang harus dikeluarkan terdiri atas 3 komponen (sumber: website Kingston University):

  1. Tuition fee sebesar GBP 11.000 per tahun
  2. Akomodasi sebesar GBP 4600 per tahun
  3. Biaya hidup sebesar minimal GBP 6000 per tahun
  4. Total biaya studi sarjana selama 3 tahun adalah GBP 64.800 atau setara dengan hampir Rp 1 milyar.

Jika kamu kuliah di Program Double Degree UMS, untuk mendapat gelar BSc in Automotive Engineering, biaya yang kamu keluarkan hanya sekitar Rp 400 juta. Di samping itu kamu akan mendapat gelar Sarjana Teknik dari UMS.

Universitas Muhammadiyah Surakarta mempunyai tiga program Double Degree:

  • Teknik Mesin - Kingston University, Inggris
  • Teknik Sipil - University of Derby, Inggris
  • Ekonomi Manajemen - Charles Darwin University, Australia

Klik di sini untuk melihat biaya studi program Double Degree selama di UMS (tiga tahun pertama). Biaya studi di universitas mitra adalah sesuai dengan tuition fee dari universitas mitra. Universitas mitra dapat memberi diskon tuition fee tergantung program yang diambil.

0 komentar:

Posting Komentar