Informasi Seleksi Masuk Unpad (SMUP) 2013

Universitas Padjadjaran (UNPAD) meniadakan program seleksi mandiri pendaftaran mahasiswa baru. Rektor UNPAD Prof Ganjar Kurnia menyatakan alasan penghapusan seleksi mandiri untuk mempermudah para calon mahasiswa menempuh pendidikan tinggi. Pasalnya, UNPAD hanya menyediakan 2.200 kursi untuk para calon mahasiswa. Jumlah itu tak bisa ditingkatkan lagi mengingat ketersediaan fasilitas terbatas.

"Bicara mengenai daya tampung, kita bicara mengenai rasio dosen dan mahasiswa serta infrastrukturnya. Kita senang-senang saja kalau ditambah tapi kan ujung-ujungnya pada akreditasi. Jika semestinya perbandingannya 1:20 menjadi 1:30, kan jadi repot," tandasnya.

“Sesuai dengan Permendiknas No. 34 Tahun 2010 Pasal 6 bahwa PTN paling banyak 40% menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri atau 60% melalui jalur nasional” ujar Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS. “Unpad melaksanakan sepenuhnya Permen itu dengan menerima 60% jalur nasional SNMPTN atau jalur prestasi (undangan), dan menerima 40% mandiri yang dilaksanakan melalui SBMPTN”, imbuhnya.

Terkait Dana Pengembangan untuk calon mahasiswa yang lulus melalui SBMPTN, Prof. Engkus mengatakan bahwa hingga hari ini Unpad masih menunggu Peraturan Mendikbud tentang uang kuliah tunggal (UKT). Bila UKT diberlakukan maka berarti tidak ada Dana Pengembangan yang dibayar di muka, yang ada adalah dana SPP setiap semester yang besarannya akan mengacu pada Peraturan Mendikbud tersebut.

“Seandainya UKT tidak diberlakukan, maka Dana Pengembangan akan sama seperti tahun 2012 lalu,” ujar Prof. Engkus.

0 komentar:

Posting Komentar