Contoh Soal Tes Potensi Akademik (TPA) SBMPTN 2013

Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan soal ujian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang akademik umum. Tes ini juga sering diidentikkan dengan tes kecerdasan seseorang. Ujian TPA diberikan pada seleksi Snmptn dan mulai tahun 2013 diujikan juga dalam Ujian Tertulis SBMPTN 2013. Dalam jadwal yang diberikan panitia, Tes TPA diujikan pada hari pertama Sbmptn yaitu tanggal 18 Juni 2013.

Tes potensi akademik (TPA) mulai diujikan pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2009 yang menuntut kemampuan alamiah peserta.
Soal TPA bisa dilatih, namun sulit dihafalkan. Tes ini sangat baik untuk mengukur kemampuan akademik calon mahasiswa.
Berikut kami sampaikan contoh-contoh soal TPA Snmptn yang boleh anda unduh dengan gratis :
•             Soal TPA Snmptn Bagian 1 | Download
•             Soal TPA Snmptn Bagian 2 | Download
Contoh-contoh soal TPA tersebut bisa dipakai oleh para peserta Sbmptn untuk mengenal bentuk soal Tes Potensi Akademik yang akan diujikan dalam ujian Sbmptn.

Kalau untuk koleksi soal TPA Snmptn nanti bisa kami tambah, tentunya kami analisa dulu mana yang perlu diberikan pada adik-adik sesuai dengan kebutuhan kita dalam ujian Sbmptn. Kami sangat menganjurkan pada adik-adik untuk mengenal dasar-dasar serta contoh soal Tes Potensi Akademik. Dasar-dasar yang perlu dikuasai diantaranya pengenalan jenis-jenis soal TPA.

Untuk mendapat skor yang bagus dalam ujian Sbmptn, anda harus mengenal apa itu Tes verbal yang berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa, Tes angka yang berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis, Tes logika yang berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal, dan tes spasial atau tes gambar, yang berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Kami merekomendasikan untuk pengenalan TPA beserta latihan soal dan solusinya bisa adik peroleh disini.

Tes TPA juga bertujuan mengukur kemampuan berkomunikasi dan bernalar calon mahasiswa. Adanya TPA dalam Snmptn dan Sbmptn merupakan satu kemajuan di dalam pelaksanaan ujian SNMPTN dan mulai tahun ini diujikan juga dalam Sbmptn.

Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!



0 komentar:

Posting Komentar