Kisi – Kisi dan Materi Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014

Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 akan segera diselenggarakan dalam waktu dekat ini. Tentunya bagi anda yang sudah mendaftar menjadi peserta tes banyak hal yang harus anda persiapkan, mengingat persaingan menjadi abdi Negara semakin ketat dari tahun ke tahun. Selain terus berdo’a tentunya anda harus melakukan usaha untuk bisa mengerjakan soal tes sebaik mungkin.

Nah, mungkin beberapa dari anda masih bingung mengenai tipe soal ataupun materi yang diujikan dalam tes CPNS tersebut. Wakil Kepala badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana mengungkapkan bahwa nantinya soal tes CPNS akan berjumlah total 100 soal yang terbagi dalam 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP.

Berikut kisi- kisi ataupun materi yang akan diujikan :
  1. Bentuk soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), berupa pengetahuan kebangsaan yang terdiri dari pancasila, Undang – undang Dasar 1945 dan amandemennya, NKRI, tata negara, dll.
  2. Bentuk soal Tes Intelegensia Umum (TIU) mencakup tingkat intelegensi seseorang yang berkaitan dengan verbal dan analisis sistematis. Soal TIU diantaranya berupa deret hitung, membuat kesimpulan dari sebuah bacaan, tes logika, dll
  3. Bentuk soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisikan materi pertanyaan-pertanyaan psikologi. Yang berusaha menggali karakter atau sifat-sifat mendasar dari calon PNS. Diantaranya seperti tes tanggungjawab, tes kedisiplinan, tes kejujuran, tes kreatifitas, dan semacamnya.Jadi tes TKP ini fungsinya untuk mengenali diri anda

Untuk menjawab soal – soal ujian CPNS tersebut peserta hanya akan mendapat sekitar 54 detik per satu soal untuk menjawabnya, karena dari total 100 soal hanya akan diberi waktu maksimal 90 menit.

Lantas bagaimana peserta bisa dikatakan lolos tes tertulis CPNS dan mengikuti rangkaian ters selanjutnya. Menurut Bima peserta tes tertulis CPNS yang bisa mendapatkan prosentase benar 60% soal TIU, 50% soal TWK dan 40% TKP adalah peserta yang bisa di kategorikan lolos ujian tulis CPNS atau memenuhi pasing grade.


Keuntungan system CAT BKN yang akan diterapkan pada tes CPNS tahun ini adalah bagi peserta yang sudah selesai mengerjakan akan terdapat layar diluar ruangan untuk melihat total nilai yang didapat, jadi meminimalisir kecurangan – kecurangan yang ada.

0 komentar:

Post a Comment