Ini Keuntungan dan Kerugian Penggunaan Sistem CAT CPNS 2014

Sistem cat cpns 2014 merupakan sistem baru yang digunakan oleh pemerintah untuk pelaksanaan test cpns pada tahun 2014 ini. CAT atau Computer Assisted Test atau dalam bahasa mudahnya adalah menggunakan sistem yang berbasis computer. Pada pengumuman test cpns tahun 2013, memang ada pula sebagian yang telah menggunakan sistem cat ini, namun sebagian lagi ada pula yang masih menggunakan LJK. 

Menurut kementrian pendayagunaan aparatur Negara dan reformasi birokrasi bahwa hasil test cpns tahun 2013 pelaksanaannya dilapangan telah tercatat ada sekitar 70 instansi pemerintah yang menggunakan Computer Assisted Test diseluruh Indonesia, maka diharapkan bahwa pada penerimaan cpns tahun 2014 pun pelaksanaan dilapangannya menggunakan cat secara merata.

Dalam pelaksanaan test cpns tahun 2013 maupun tahun 2014 yang akan dilaksanakan dengan menggunakan cat ini, sistemnya memang memiliki kekurangan dan kelebihan yang mendukung maupun tidaknya sistem ini, diantaranya kelebihan yang dimiliki oleh sistem ini adalah orang yang akan melaksanakan test akan lebih mudah yaitu dapat melakukan test kapan saja. 

Selain itu, apabila ada seorang mahasiswa atau mahasiswi yang telah lulus kuliah dan kemudian mendaftar cpns lalu mengikuti ujian, data yang dimilikinya akan langsung masuk ke dalam bank data cpns sehingga lebih memudahkan bagian-bagian tertentu untuk mengajukan permintaan apabila dibutuhkan, sehingga itulah kelebihan yang dimiliki oleh sistem cat cpns 2014.


Kelebihan yang dimiliki oleh sistem cat ini memberikan banyak kemudahan yang diberikan kepada instansi pemerintah yang membutuhkan pegawai untuk instansinya, misalnya saja apabila data yang masuk memenuhi kualifikasi dari instansi yang membutuhkan, maka dapat langsung dilakukan wawancara. 

Sistem cat cpns 2014 memiliki kekurangan pula yaitu kesiapan yang dimiliki oleh bank data serta bank soal atau kesiapan dari pendaftarnya itu sendiri karena tidak semua pendaftar mampu dan mengerti untuk mengoperasikan teknologi yang berhubungan dengan komputer. Keunggulan lain yang dimiliki oleh sistem ini adalah tidak perlu adanya tindakan distribusi soal seperti yang dilakukan dengan sistem LJK serta tidak memerlukan pengawasan yang ketat.

0 komentar:

Post a Comment