Penjelasan Kelompok Ujian SBMPTN 2014

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memang msaih belum di buka untuk pendaftarannya secara resmi. Pemerintah baru membuka jalur seleksi nilai akademik melalui SNMPTN, sedangkan untuk SBMPTN rencananya akan dibuka pendaftaran online dari tanggal 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB sampai dengan 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB.

Tidak seperti SNMPTN yang membatasi pemilihan program studi pesertanya, untuk SBMPTN anda bebas memilih program studi yang anda pilih. Bagi siswa MA/SMK/MAK bisa memilih prodi seperti yang di inginkan, tidak relevan dengan jurusan sewaktu MA/SMK/MAK di perbolehkan.
  • Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek  dan kelompok Soshum.
  • Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu:

  1. Kelompok ujian Saintek, anda bisa memilih maksimal 3 Program studi yang tergolong dalam Saintek
  2. Kelompok ujian Soshum, anda dapat memilih maksimal 3 Program Studi yang tergolong Soshum
  3. Kelompok ujian Campuran, dari namanya saja sudah kelihatan bahwa memilih kelompok ujian ini, anda bisa memilih maksimal 3 Program Studi baik dari Saintek maupun Soshum

  • Urutan and dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
  • Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.

Sumber informasi : sbmptn.or.id

0 komentar:

Posting Komentar