Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2013

Jalur SNMPTN Masuk PTN Tahun 2013 – Setelah sebelumnya saya memposting cara menghitung passing grade, pada kesempatan kali ini yang akan saya informasikan tentang jalur masuk perguruan tinggi negeri di tahun 2013 yang menganut peraturan baru . Berikut informasi yang mungkin bisa berguna bagi adik – adik yang menduduki kelas 3 SMA/SMK/MA sedrajat:

Informasi terbaru tentang jalur masuk perguruan tinggi negeri tahun 2013 akan dibagi menjadi 3 jalur yang berbeda, sebenarnya dari tahun – tahun sebelumnya juga menggunakan peraturan 3 jalur hanya mungkin kuota penerimaan per jalur.

Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
Kedua, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Ketiga, Seleksi Mandiri (SM) yang merupakan seleksi

Apa perbedaan di antara ketiganya? “SNMPTN” merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Tahun 2011 dan 2012, seleksi ini disebut SNMPTN Jalur Undangan. Tahun ini namanya SNMPTN. Semua pendaftar SNMPTN bebas dari biaya pendaftaran,” katanya.

Adapun SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama. “Persis dengan SNMPTN Jalur Ujian Tulis pada tahun 2011, 2012. Hanya, untuk tahun 2013, namanya berubah menjadi SBMPTN

Selain SNMPTN dan SBMPTN, PTN juga menyelenggarakan seleksi mandiri. “Untuk Unnes, namanya Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes atau lazim disingkat SPMU. Seleksi ini baru digelar setelah SNMPTN dan SBMPTN diumumkan hasilnya,” katanya.

0 komentar:

Posting Komentar