Informasi SNMPTN SIMAK UI 2016

Universitas Indonesia memiliki 2 (dua) jalur penerimaan yang bisa ditempuh oleh lulusan SMA/MA. Kedua jalur tersebut adalah jalur undangan dan jalur ujian tulis. Jalur undangan adalah program seleksi berdasarkan prestasi akademik yang ditunjukkan dengan nilai rapor, sedangkan jalur ujian tulis adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru menggunakan ujian tertulis.

Jalur undangan di Universitas Indonesia terdiri dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), dan Talent Scouting. Perbedaan ketiganya yakni:



Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) merupakan jalur masuk undangan untuk program pendidikan S1 Reguler. SNMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN di bawah koordinasi Panitia Nasional, berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik peserta yang ditunjukkan dengan nilai raport.
Tahap-tahap Pendaftaran SNMPTN
  1. Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah di laman http://pdss.snmptn.ac.id dan verifikasi oleh siswa. Bagi sekolah yang ingin mendaftarkan siswanya ke Universitas Indonesia, wajib membaca pedoman disini.
  2. Pemeringkatan oleh sistem berdasarkan nilai mata pelajaran UN 2016 pada semester 3 (tiga), 4 (empat), dan 5 (lima). Siswa yang memenuhi syarat tersebut yang dapat mendaftar SNMPTN.
  3. Pendaftaran SNMPTN di laman http://www.snmptn.ac.id. Peserta melakukan pendaftaran dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan sekolah. Setelah selesai melakukan pendaftaran, peserta mencetak Kartu Bukti Pendaftaran.
Jadwal Kegiatan

Biaya Pendaftaran
Peserta tidak dipungut biaya. Gratis.
Persyaratan Pendaftaran & Daya Tampung
Persyaratan pendaftaran dan daya tampung tiap program studi dapat dilihat di website pendaftaran SNMPTN pada masa pendaftaran.
Bidikmisi
Pendaftar SNMPTN yang juga menjadi pelamar Bidikmisi harus mengikuti persyaratan yang tercantum di http://www.bidikmisi.dikti.go.id/

1 komentar:

Post a Comment