Tips Lulus SNMPTN Undangan 2015 - Memilih Jurusan Yang Tepat

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu jalur bagi siswa/i yang ingin melanjutkan studi yang lebih tinggi di Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN sendiri adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan dengan menyeleksi nilai rapor siswa, perhitungan yang diprioritaskan adalah nilai dari semester 1 hingga 5.

SNMPTN sendiri mengambil kuota yang sangat besar yakni 50% dari pendaftar, sedangkan 30% untuk SBMPN (SNMPTN ujian tertulis), dan sisanya untuk Ujian Mandiri, dsb. Karena mengambil kuoata hingga setengahnya, SNMPTN menjadi primadona dan banyak siswa yang menaruh harapan besar untuk bisa lolos SNMPTN ini.

Nah, tentunya Anda harus punya strategi yang baik untuk bisa masuk ke PTN lewat SNMPTN ini, disini kami ingin sedikit share informasi untuk tips lulus snmptn yang kami simak dari seminar yang dilakukan oleh salah satu bimbingan belajar.

Adapun urutan yang kami sampaikan bukanlah urutan yang paling prioritas (random), silahkan disimak.
Tips lulus snmptn 2015
hadapi snmptn !!

1) Nilai Rapor.

Yup, seperti yang sudah kami sampaikan diawal tadi, bahwa SNMPTN identik dengan jalur prestasi. Pasalny SNMPTN akan lebih mengutamakan nilai rapor yang tergolong tinggi dan baik. Usahakan Nilai rapor Kamu stabil dari semester 1 - 5, boleh saja ada penurunan, tapi bukanlah penurunan yang signifikan.

*Note : buat kamu yang ingin masuk ke fakultas kedokteran di universitas seperti UGM, UI, USU, maka nilai rata-rata rapor kamu (bidang studi prioritas seperti matematika, fisika, biologi, kimia, bahasa inggris, bahasa indonesia) usahakan mencapai rataan 90-92 untuk berada pada posisi aman.

2) Alumni.

Alumni / lulusan Sekolah Anda ternyata katany cukup berperan penting pada proses penyeleksian SNMPTN. Apabila terdapat Alumni Kamu yang masuk ke fakultas yang kamu ingin capai, maka chance / kesempatan kamu terbuka lebar, namun apabila tidak ada maka chance/kesempatan kamu akan menjadi sangat kecil.

3) Akreditasi Sekolah.

Jika sekolah kamu memiliki Akreditasi sekolah yang terbilang sangat baik, maka janganlah ragu untuk membuat suatu pilihan di SNMPTN nanti, semakin baik akreditasi sekolah kamu maka akan semakin bagus.

4) Pilihan Program Jurusan.

Nah, ini adalah salah satu poin yang sering sekali membuat banyak siswa merasa galau. Banyak yang merasa bimbang akan pilihan program studi yang hendak dipilihnya.
Ingin saya garisbawahi, berdasarkan seminar yang kami ikuti : buat kamu yang saat ini berada di Program IPA : maka pilihlah program studi di bidang IPA, tapi jika kamu ingin menembak pilihan IPS, maka pilihlah seluruh pilihannya adalah IPS (ingat ! tidak ada pilihan IPC untuk SNMPTN, jangan memilih program studi IPA dan IPS), dan begitu pula buat kamu yang sedang berada di program IPS.

5) Pilihan Universitas

Disini saya ingin menerangkan bahwa kalau di SNMPTN, urutan universitas juga diperhatikan. (tidak ada universitas yang ingin dinomor 2 kan, sehingga pikirkan dengan matang).
Tips memilih universitas, :
Jadi , ketika kamu hendak mendaftar SNMPTN, nanti kamu akan hanya diperbolehkan mendaftar dengan 3 Pilihan Jurusan dan 2 Universitas saja. Berikut ini akan kami berikan tips yang baik untuk memilih jurusan.

Pilihan Yang Benar.
Pilihan 1 - Univ A
Pilihan 2 - Univ A
Pilihan 3 - Univ B

atau

Pilihan 1 - Univ B
Pilihan 2 - Univ B
Pilihan 3 - Univ A

Pilihan yang salah :
Pilihan 1 - Univ A
Pilihan 2 - Univ B
Pilihan 3 - Univ A

6) Nilai batas minimum (Passing Grade).

Ini adalah bagian yang memiliki poin penting, buat kamu yang ingin menentukan pilihan jurusan maka urutkanlah program studi yang hendak kamu pilih sesuai dengan passing gradenya, urutkan pilihan dari yang tertinggi ke yang terendah,
Contoh :
Pilihan 1 : Pendidikan Dokter - Universitas Indonesia 65%
Pilihan 2 : Pendidikan Dokter - Universitas Gajah Mada 60%
Pilihan 3 : Teknik Nuklir - Universitas Gajah Mada 40%
(informasi : Buat kamu yang ingin lihat daftar passing grade, bisa lihat dihalaman daftar passing grade snmptn 2015.)

7) Sertifikat / Prestasi Lainnya.

Buat kamu siswa berprestasi , maka kamu patut berbangga, karena SNMPTN juga akan mempertimbangkan prestasi yang kamu raih. Apabila kamu punya sertifikat seperti : Juara 1 OSN, atau olimpiade tingkat nasional atau bahkan internasioan, atau prestasi apapun itu maka jangan pernah ragu untuk menyertakannya pada saat pendaftaran SNMPTN nanti.

8) Berdoa.

Segala sesuatu harus dibuka dan ditutup dengan doa. Sepintar-pintarnya manusia , jika tidak diimbangi dengan doa maka akan nihil. Buat kamu yang sudah matang memilih jurusan, maka bawalah dalam doa. Mintalah pada Yang Maha Kuasa Agar pilihan kita diberkati. Dan diberikan keikhlasan dan kesabaran untuk menerima hasil walaupun kita nantinya belum dinyatakan lulus.

Tips lulus snmptn
semoga lulus :)
Mungkin itu saja yang dapat kami simpulkan kali ini, semoga tulisan tentang tips lulus snmptn undangan dari kami bermanfaat , lagi-lagi informasi ini hanylah berdasarkan pengalaman saja, karen rahasia sebenarny hanylah Tuhan dan paniti SNMPTNlah yang tahu, oh ya dan jangan terlalu bergantung di SNMPTN saja, masih ada SBMPTN yang akan menanti Anda, maka dari itu mulailah mempersiapkan diri untuk mengejar SBMPTN nanti.

1 komentar:

  1. min mau tanya, kalau sistem raportnya pake IP apakah sama juga sistemnya? kalau turun raportnya smt 1 ke smt 2 sebanyak 0,05 apakah itu masuk signifikan?

    BalasHapus