Tips Belajar yang Baik

Belajar untuk sukses. Bagi sebagian orang mungkin belajar adalah sesuatu malas untuk dilakukan, contoh saja dari pengalaman anda di waktu SD, SMP, SMA atau bahkan waktu kuliah, pasti ada saja orang yang malas belajar mungkin juga terjadi pada diri anda sendiri. Maka dari itu saya punya artikel mengenai tips belajar yang baik

1.       Mulailah dengan berdoa
Selalu dan selalu. Mungkin ini hal yang paling sering dilupakan oleh sebagian besar para pelajar. Padahal segala sesuatu yang akan kita lakukan harus kita awali dan kita akhiri dengan berdoa. Dengan berdoa, kita akan berserah diri kepada Tuhan dan Beliau akan membantu kita supaya hasil belajar kita menjadi maksimal. Ingat do’a dan usaha adalah kunci keberhasilan kita

2.       Membuat Komitmen
Biasanya kita akan malas pada yang namanya belajar oleh karena itu kita harus bisa membuat komitmen pada diri kita sendiri , maksud dari membuat komitmen sebelum belajar yaitu kita harus berniat dan yakin bisa melawan rasa malas dan hal hal yang bisa menganggu  dan  membuat kita malas belajar seperti jangan belajar sama bawa hp apalagi smsan sama teman atau pacar ( konsentrasi anda akan terpecah )dan membuat belajar tidak fokus , dan rasa malaspun timbul.

3.       Pilih Tempat yang Paling Nyaman
Tempat belajar juga sangat mempengaruhi konsentrasi belajar Anda. Pilihlah tempat yang nyaman tetapi tidak membuat Anda mengantuk dan tidak membuat Anda merasa boring atau bosan. Seperti di teras rumah atau di lantai. Jika Anda mudah terganggu oleh suara dari luar, cobalah untuk belajar di tempat yang sunyi tetapi tidak membuat Anda merasa kesepian. Jangan belajar di tempat tidur, karena itu akan mengganggu anda dan mengakibatkan anda cepat mengantuk.

4.       Atur Waktu Belajar
Usahakan banyak belajar pada waktu pagi hari, bisa sebelum berangkat sekolah atau setelah subuh,  karena di sini beban pikiran belum terlalu banyak di karenakan baru bangun tidur serta tidak banyak gangguan dari luar sehingga efektif untuk belajar, dan pada malam harinya sahabat gunakan untuk mengerjakan tugas tugas yang akan di selesaikan besok.

5.       Buat Rangkuman
Rangkuman ini fungsinya banyak sekali , di antara mengulang kembali pembahasan yang sudah di pelajari dengan rangkuman ini maka bisa cepat mengerti jika sahabat di lain waktu mengikuti ujian untuk mempelajarinya lagi. Rangkuman bisa dibuat saat selesai belajar dengan mereview hasil dari belajar anda atau bisa juga merangkum saat kegiatan belajar – mengajar berlangsung disekolah

6.       Latihan soal
Belajar dengan membaca materinya terlebih dahulu, latihan soal, kemudian evaluasi dengan melihat pembahasan di setiap soalnya adalah cara belajar yang terbaik. Untuk itu, sangat diperlukan untuk membeli buku-buku dengan materi dan soal-soal yang berkualitas. Materi pelajaran yang berkualitas itu adalah materi yang ringkas, mudah dipahami, dan mengandung konsep yang tersirat. Sedangkan soal-soal yang berkualitas adalah soal yang berbobot, sesuai dengan materi pelajaran, dan mengandung pembahasan tentang cara menjawab soal tersebut jika Anda tidak memahami cara menjawab soal tersebut. Tentu saja sesuaikan juga dengan uang yang Anda miliki.

7. Selalu tutup dengan doa
Sama seperti saat memulai belajar, mengakhiri belajar juga harus diakhiri dengan doa. Anda berdoa kepada Tuhan agar apa yang Anda pelajari telah Anda pahami dengan maksimal dan memberi manfaat ke depannya.

8. Yakin Pada Kemampuan Anda
Kunci kesuksesan berawal dari keyakinan. Yakinlah bahwa Anda bisa memahami materi pelajaran sesulit apapun, jika memang tidak bisa memahami dalam 1 hari maka masih ada kesempatan untuk bertanya pada guru ataupun orang terdekat anda. Keyakinan membuat Anda tidak ragu saat menjawab soal ulangan atau ujian nasional.


Sesungguhnya kesuksesan itu dating dari diri anda sendiri, jika anda malas – malasan dan tidak mengejar kata sukses, maka kesempatan anda sukses sangat kecil. Namun jika anda berusaha keras, berusaha semaksimal mungkin tanpa pamrih dan diiringi do’a yakinlah anda akan sukses pada waktu yang telah ditentukan 

0 komentar:

Posting Komentar